SMAN 1 Kertasari, Sekolah dengan Segudang Prestasi

Daerah, Pendidikan34 Dilihat

Markaberita.id

Kab. Bandung //SMAN 1 Kertasari, Sekolah dengan Segudang Prestasi, Lokasi sekolah SMAN 1 Kertasari ada di Desa Resmitinggal Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Pendapatan umum masyarakat di Desa Resmitinggal adalah bertani atau berkebun.

SMAN 1 Kertasari merupakan satu satunya SMAN di Kecamatan Kertasari. Masih ada beberapa Desa di Kecamatan Kertasari yang lokasinya berjauhan.

Siswa siswi yang belajar di SMAN 1 Kertasari merupakan anak anak yang terdiri dari Desa-desa di sekitar Resmitinggal.

Pada awal tahun 2023 SMAN 1 Kertasari mendapatkan akreditasi A, diikuti dengan penilaian yang memuaskan untuk PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah).

Menurut Endang Somantri, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 1 Kertasari bahwa siswa maupun siswi SMAN 1 Kertasari banyak yang berprestasi baik di tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional.

Baca Juga  Viralnya Pemberitaan Akusisi Badan Jalan oleh Perumahan Arta Angsana, Pemdes Sukaraya akan Berikan Peringatan

“Alhamdulillah dengan kondisi masyarakat yang mayoritas petani ini, anak-anaknya bisa berprestasi dengan baik sesuai dengan bakat dan kemampuan, seperti menjadi duta siswa dan duta hukum.” Kata dia. Kepada wartawan pada sabtu(3/2/24).

Lebih lanjut, Ada pula yang berprestasi di bidang Pencak Silat, Futsal, Bola volley, untuk tingkat Kabupaten.

Menurut Endang Somantri yang mewakili Kepala Sekolah, Ayo Radianto S.Pd, M.M, bahwa jumlah perbandingan siswa siswi cukup sebanding, hanya beda 5 % lebih banyak siswi.

Jumlah total siswa SMAN 1 Kertasari sekitar 700 orang lebih. Pihak sekolah merasa penting untuk melakukan edukasi pada masyarakat petani akan pentingnya pendidikan.

Saat ini baru sekitar 70 atau 80% saja yang masyarakat petani yang sadar akan pentingnya pendidikan. Jika dibandingkan dengan sekolah lain di Kabupaten Bandung mungkin SMAN 1 Kertasari masih agak ketinggalan, namun dengan managemen yang baik dalam pengelolaan BOS maupun BOPD, sekolah sangat terbantu, khususnya dalam pembangunan infrastruktur sekolah sangat dimaksimalkan.

Baca Juga  KEPASTIAN HUKUM PENINJAUAN KEMBALI DALAM PUTUSAN HUKUM PIDANA

“Kesadaran siswa untuk meneruskan kuliah ke perguruan tinggi masih sekitar 20 hingga 30% tapi itu sudah masuk kategori bagus untuk Kertasari yang terpencil. Berkat bimbingan guru BK dan guru guru lain. Terutama kita dorong untuk masuk di perguruan tinggi yang memiliki program beasiswa KIP”. Ujarnya.

lanjut Endang Somantri yang menjabat sebagai Kepala PPID, Pejabat Pengelola Informasi Daerah SMAN 1 Kertasari menyatakan bahwa dirinya sebagai putra daerah memiliki tanggung jawab untuk turut menyadarkan masyarat sekitar Kertasati, Pacet dan sekitarnya guna meningkatkan Sumber Daya Manusia dengan adanya SMAN 1 Kertasari.

Mengenai kepedulian sekolah terhadap lingkungan, siswa siswa SMAN 1 Kertasari turut dalam kegiatan lingkungan hidup seperti bekerjasama dengan Citarum Harum dalam penanaman pohon maupun kegiatan lainnya seperti Pecinta Alam guna menciptakan generasi cinta lingkungan dengan SDM yang memadai.

Baca Juga  Relawan Bolomase Bergerak ke Akar Rumput Menangkan Prabowo-Gibran 1 Putaran

Red.**

 

Komentar