Bahas Smart City, Diskominfosantik Terima Kunjungan Komisi I Provinsi Banten

Daerah50 Dilihat

KABUPATEN BEKASI – JAWABARAT || MARKABERITA.ID

Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Bekasi menerima Kunjungan Kerja Komisi I DPRD Provinsi Banten. Kunjungan tersebut membahas penerapan Smart City dan Sistem pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang selama ini diterapkan di sistem pemerintahan daerah.

Kunjungan tersebut, diterima langsung oleh Kepala Dinas Diskominfosantik, Yan Yan Akhmad Kurnia didampingi Kepala Bidang Kepala Bidang Teknologi Informasi Bahrul Ulum di Command Centre, Diskominfosantik, Komplek Pemda Bekasi pada Senin (22/04/2024).

“Kami banyak mendapatkan informasi tentang progress pengembangan, penerapan smart city terutama di Kabupaten Bekasi. Diluar dugaan kita nih. Ternyata Lebih dan menjadi bagian yang diperhitungkan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” ujar Ketua Komisi I DPRD Provinsi Banten Ahmad Jazuli Abdillah.

Kemudian, lanjutnya, juga berkaitan dengan networking atau kerjasama dengan pihak lain yang bisa terjalin, juga progress percepatan pelayanan dalam mendapatkan informasi. Selain itu, Jazuli juga mengapresiasi berkaitan dengan e-katalog, serta kecepatan dalam menangani komplain dan aduan masyarakat.

“Jadi kominfo ini mampu untuk menopang berbagai pelayanan teknis yang ada dibanyak OPD. Sehingga betul betul dibutuhkan,” katanya.

Dari kunjungan tersebut, nantinya akan dibawa pada usulan, dimana realisasi aplikasi dan networking serta pelayanan harus dimaksimalkan di daerahnya. Termasuk, pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang melibatkan ahli didalamnya.

“Seperti di sini, ada tenaga ahli programmer yang bersifat sangat teknis. Bahkan di sini juga, menerapkan konsep open satu data.  Jadi dalam pembangunan yang dilakukan berdasar pada basis data pembangunan, dan ini jarang ada ditempat lain,” tukasnya.

Sumber: Diskominfosantik Kabupaten Bekasi

Komentar