Intip 7 Peluang Karier Lulusan Fashion Berikut!

Ekonomi12 Dilihat

Lulusan jurusan fashion jadi apa sih? Intip peluang karier lulusan fashion berikut!

Jurusan fashion mungkin bukan jurusan yang banyak dipilih orang Indonesia. Namun, tahukah kamu, sebenarnya ada banyak peluang karier yang bisa dimiliki seseorang dengan gelar di bidang fesyen. Terlebih di Indonesia sendiri dengan penduduk yang sangat banyak, industri modenya berkembang dengan sangat pesat.

Sama seperti makanan, pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh manusia. Oleh karena itu, peluang karier bagi pelaku industri fesyen akan selalu terbuka. Penasaran? Simak ulasan 7 peluang karier lulusan fashion berikut!

Desainer Mode

Desainer mode adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk menciptakan konsep dan desain dari pakaian dan juga aksesori. Mereka mengembangkan koleksi mode untuk brand mereka sendiri, label mode terkenal, atau menghasilkan desain untuk produksi massal. Desainer mode juga dapat bekerja sebagai pekerja lepas atau memulai label mereka sendiri.

Stylist atau Penata Busana

Sebagai seorang penata busana, kamu punya tanggung jawab untuk menyusun dan mengoordinasikan pakaian dan aksesori untuk sesi foto, acara khusus, atau penampilan publik selebriti atau model. Kamu punya kewenangan untuk memilih pakaian yang sesuai dengan gaya dan tema yang diinginkan.

Baca Juga  TechnoGIS Berpartisipasi dalam Hannover Messe 2024 di Hannover, Jerman

Tidak hanya sebagai penata busana pribadi, kamu juga bisa bekerja untuk majalah, label ternama, atau untuk event. Seorang penata busana akan mempertimbangkan tidak hanya kesesuaian dresscode, tetapi juga karakter atau kesan yang ingin ditonjolkan.

Merchandiser

Seorang merchandiser fashion bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengelola inventaris produk fashion dalam toko ritel atau departemen. Mereka menganalisis tren pasar, mengembangkan strategi penjualan, dan memastikan produk tersedia dan menarik bagi pelanggan.

Manajer Produksi

Tugas manajer produksi fashion adalah untuk mengawasi proses produksi pakaian dari awal hingga akhir. Mereka bertanggung jawab untuk mengoordinasikan produksi, memastikan kualitas produk, memenuhi jadwal produksi, dan mengelola tim produksi. 

Pengetahuan mengenai industri fesyen dan kualitas produk fesyen tentunya mutlak diperlukan oleh seorang manajer produksi. Oleh sebab itu, gelar di bidang fashion terutama fashion management akan sangat diperlukan.

Manajer Brand atau Brand Strategist

Manajer brand fashion mengembangkan strategi branding untuk merek mode. Jika kamu bekerja sebagai brand strategist sebuah label fesyen, kamu akan merencanakan dan melaksanakan kampanye pemasaran, promosi produk, dan acara merek untuk membangun kesadaran merek dan menghasilkan penjualan terbaik dari brand yang kamu pegang.

Baca Juga  Perhelatan Sukses VRITIMES LINK-UP Vol. 3 di Jakarta

Jurnalis Fesyen

Majalah fesyen memiliki peran penting di industri fesyen sejak dulu. Majalah fesyen mempunyai pengaruh untuk membentuk opini dan bahkan bisa memengaruhi tren dengan konten mereka. 

Dalam hal ini, seorang penulis atau jurnalis fashion bertugas untuk menulis artikel, ulasan, atau konten lainnya tentang tren mode, desainer, acara fashion, atau aspek lain dari industri mode. Tidak hanya dapat bekerja untuk majalah mode, tetapi juga bisa untuk situs web, blog, atau publikasi lainnya.

Pembuat Pola

Pembuat pola mempunyai tugas membuat pola untuk kebutuhan fesyen dalam bentuk kertas atau kain. Seorang pembuat pola bisa bekerja sama dengan desainer mode yang membuat sketsa atau gaya dari pakaian yang ingin mereka buat. 

Dalam beberapa kasus, seorang desainer mode mungkin punya beberapa ide pola di kepala mereka, sementara di hari lain mereka hanya memaparkan ide umum yang dimilikinya. Tugas seorang pembuat polalah menangkap informasi ini untuk kemudian dibuat polanya.

Baca Juga  Fintelite Luncurkan Solusi Personalisasi Corporate Banking di Singapore Fintech Festival 2023

Nah itu dia 7 peluang karier yang bisa dipilih seorang lulusan fashion. Sangat beragam, bukan? Buat kamu yang tertarik menggeluti bidang fesyen, kamu bisa memilih program Fashion yang terdapat di BINUS @Alam Sutera. Apalagi sekarang di BINUS University, 2,5 Tahun kuliah bisa langsung gapai kariermu, sehingga kamu juga bisa membekali diri kamu dengan mulai lebih awal menentukan kariermu dengan enrichment program yang akan dijalani mahasiswa dengan memilih salah satu dari tujuh track yang tersedia, seperti internship, entrepreneurship, research, community development, study abroad, further study, dan specific independent study.

Program tersebut adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin terjun ke dunia fesyen karena telah terakreditasi unggul dan memiliki pengajar serta fasilitas yang mumpuni. Ada juga beasiswa hingga 100% lo untuk kamu yang membutuhkan bantuan pembiayaan.

Untuk informasi yang lebih lengkap mengenai jurusan fesyen tersebut, kamu bisa cek di sini.  Semoga bermanfaat!

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES