Peringati Hari Kartini, Selain Pakaian Kebaya Pegawai Puskesmas Tana Abang Gelar Pelayanan Ini

Daerah601 Dilihat

 

PALI, Sumsel -Markaberita.id
Ada pemandangan berbeda yang tidak ditemukan seperti hari-hari biasanya, di Puskesmas Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir dan Kecamatan Tanah Abang Senin 22 April 2024.
Kali ini, seluruh karyawati dan dokter dilingkup Puskesmas itu, memakai baju kebaya layaknya seperti Raden Ayu Kartini. Hal itu dilakukan, sebagai wujud menghormati dan menghargai toko pahlawan perempuan R.A Kartini, memperingati hari Kartini yang jatuh tepat pada 21 April.

Tidak hanya memakai baju kebaya, dokter pun memberikan pelayanan spesial dan berikan setangkai bunga melati merah kali ini untuk kaum perempuan, yakni konsultasi dan pemeriksaan Iva test atau disebut tes Inspeksi Visual Asam Asetat secara gratis. Yang merupakan salah satu cara untuk deteksi dini penyakit kanker serviks atau kanker mulut rahim.

Kepala Puskesmas Tanah Abang dr.Almustazirin,M.Kes. mengatakan dihari peringatan hari Kartini ini, kita ingin tidak sekedar melayani pasien dengan baik, tetapi juga ingin menyampaikan pesan lewat pelayanan menggunakan baju kebaya agar kita lebih bisa memahami sejarah dan menghormati para pahlawan, dan Khususnya pahlawan perempuan R.A Kartini.

“Tadi warga sekitar begitu antusias melakukan pemeriksaan Iva test, dimana iva test ini untuk mendeteksi dan mencegah sejak dini, adanya timbul penyakit kanker serviks. Meskipun memang, di PKM ini sebenarnya tiap hari kita layani, dan memang sejak 2015 silam sudah mulai diterapkan pemeriksaan Iva test, dengan bekerja sama dengan PKK Kabupaten Ir.HJ Sri Kustina”jelasnya.

Ia berharap dengan adanya peringatan hari kartini seperti ini, wanita bisa lebih dihormati. termasuk dalam hal pekerjaan yang saat ini banyak digeluti oleh kaum perempuan dalam dunia medis, khsusus nya.

 

“Kami juga berharap, kedepannya semua perempuan yang sudah menikah di wilayah kerja Puskemas Tanah Abang semua sudah melakukan pemeriksaan iva tes untuk mencegah kanker serviks atau rahim,”ujar suami dari Dr.dina Destriana ini

Komentar