Ivan Kuntara figur calon yang ideal dan layak memimpin Purwakarta ke depan

Daerah59 Dilihat

Purwakarta || Markaberita.id

Pemilihan Kepala Daerah yang lazimnya disebut Pilkada, adalah proses demokrasi lokal di Indonesia yang bertujuan untuk memilih pemimpin daerah. Seperti Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

Proses ini merupakan wujud dari demokrasi langsung, di mana warga di daerah memiliki hak untuk memilih pemimpin yang akan mengelola pemerintahan dan pembangunan di daerah mereka untuk jangka waktu tertentu.

Pilkada Purwakarta 2024 yang termasuk di dalamnya, di tengah transisi kepemimpinan daerah yang panjang. Pada akhirnya, akan menjadi manifestasi politik yang mengarah munculnya semangat perubahan.

Hal itu ditandai dengan munculnya figur-figur potensial, selain petahana dan nama-nama yang sudah jauh-jauh hari menampakkan keinginannya. Merefleksikan, bahwa Purwakarta sebagai daerah strategis dengan peluang serta tantangan secara demografis dan geografis.

Menjadi daya tarik tersendiri bagi figur-figur yang memiliki visi dan misi, serta motivasi untuk menjadikan Purwakarta semakin bertambah berkembang. Maju dan terjaga kesinambungan disegala aspek pembangunan, berdasarkan kemampuan dan potensi wilayahnya.

*Calon Kepala Daerah yang ideal.*

Purwakarta dengan segala realitas, kompleksitas dan probabilitasnya. Untuk pengelolaan dan penataannya ke depan, membutuhkan Calon Kepala Daerah yang ideal.

Yaitu, yang memiliki jiwa kepemimpinan yang dapat melindungi daerah dan masyarakatnya. Serta mampu mengimplementasikan regulasi, untuk menjamin keberdayaan dan mensejahterakan masyarakat disegala aspek pembangunan.

Logisnya, calon pemimpin daerah yang ideal memiliki sejumlah kualitas dan kemampuan yang esensial. Untuk memimpin daerah dengan efektif, dan membawa perubahan positif bagi masyarakat.

Ada beberapa karakteristik utama, yang seharusnya dimiliki oleh calon pemimpin daerah yang ideal. Meliputi visi dan misi yang jelas, integritas dan akuntabilitas serta kompeten dan profesional.

Memiliki empati dan kedekatan dengan rakyat, inovatif dan adaptif, komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan, tegas dan adil serta mampu berkolaborasi.

Dengan karakteristik seperti tersebut di atas, calon pemimpin daerah akan mampu membawa daerah menuju kemajuan yang berkelanjutan. Mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menciptakan pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel sesuai asas-asas umum pemerintahan yang baik.

*Ivan Kuntara figur yang layak jadi pemimpin Purwakarta ke depan.*

Kepala Daerah dituntut mampu mengembangkan intuisinya untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakatnya.

Moralitas merupakan keseluruhan norma, nilai dan sikap seorang pemimpin yang bisa menjaga dan memelihara marwah dan kredibilitas daerah.

Karakteristik itu tercermin dari figur seorang Ivan Kuntara, ketika tampil sebagai narasumber tunggal dalam acara “Diskusi Ringan PNC”. Di Cafe Calabar Purwakarta, Minggu malam tanggal 28 April 2024.

Dia mampu meyakinkan audien yang hadir dari berbagai kalangan masyarakat, dengan visi dan misi serta motivasi dan strateginya.

Begitupun dalam merespon seluruh pertanyaan yang mengalir, secara realistis dan taktis, prognosis maupun akademis. Dia mampu menghipnotis audien dengan jawabannya, sehingga membuat semua yang hadir mengakui kompetensi dan integritasnya. Sebagai calon Bupati Purwakarta ideal dan layak, untuk didorong menjadi pilihan tepat.

Tidak sebatas itu saja, dalam pendekatannya kepada masyarakat dalam membangun elektoral. Ivan Kuntara senantiasa memiliki “open attitude”, memahami dan peduli dengan aspirasi masyarakat.

Kongkritnya, bahwa Purwakarta dengan segala peluang dan tantangan untuk lebih maju dengan keberlanjutan pembangunannya. Membutuhkan figur calon Bupati yang smart dan ideal, dan sosok yang tepat menurut penilaian banyak kalangan adalah figur Ivan Kuntara.(**)

Komentar