Indigo Dukung Startup Binaan Melalui Kolaborasi dengan Telkom Regional

Ekonomi24 Dilihat

Program Indigo bersama Educourse.id menerima kunjungan dari Madrasah Aliyah IT Cinta Ilmu Baleendah untuk sharing knowledge terkait kurikulum program belajar-mengajar melalui dukungan dari Witel Kabupaten Bandung Barat, Telkom Regional 3.

Program inkubasi dan akselerasi startup digital milik Telkom Indonesia (PT Telkom Indonesia Tbk), Indigo, menerima kunjungan dari Madrasah Aliyah (MA) IT Cinta Ilmu Baleendah. Kunjungan yang diprakarsai oleh Witel Kabupaten Bandung Barat, Telkom Regional 3 ini, bertujuan untuk benchmarking dan sharing knowledge terkait kurikulum program belajar-mengajar yang dilaksanakan di sekolah tersebut. Di dalam agenda ini, Indigo mengajak salah satu startup binaan mereka, yakni Educourse. Startup yang bergerak di bidang edutech ini diyakini dapat memberikan solusi terkait permasalahan yang dihadapi oleh Cinta Ilmu, terutama terkait program intrakurikuler.

Sekolah Cinta Ilmu Baleendah memiliki beberapa tingkat pendidikan, mulai MI, MTs, hingga MA. Pada tingkat MA, saat ini Cinta Ilmu sedang ingin berfokus kepada pengajaran ilmu Teknologi Informasi (IT). Namun, pihak sekolah menemukan permasalahan, yakni terkait alokasi guru, dimana sekolah hanya memiliki satu guru IT. Berdasarkan permasalahan tersebut, pihak sekolah mencari solusi dengan bertemu pihak Witel Kabupaten Bandung Barat. Akhirnya, pihak Witel pun mereferensikan Educourse.

Baca Juga  Telkom Indonesia dan Gamelan Berikan Workshop Pengembangan Gim untuk Puluhan Studio Gim di Yogyakarta

“Melihat perkembangan yang cepat dalam bidang IT, pihak sekolah masih belum memiliki gambaran terkait kebutuhan tenaga kerja perusahaan dalam bidang tersebut. Hal ini membuat kami membutuhkan insight dan melakukan brainstorming dengan industry expert agar sekolah kami bisa menciptakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini,” ujar Ilfan Dradjat selaku Direktur Sekolah Cinta Ilmu.

Image

Educourse (educourse.id) merupakan startup digital binaan Indigo yang bergerak dalam bidang edutech. Startup ini menyediakan platform pembelajaran dengan pendekatan metode STEAM. Saat ini, ada lebih dari 35 ribu pengguna yang sudah terdaftar pada platform mereka. Educourse juga memiliki 9 hub, mulai dari Pekanbaru hingga Makassar, sehingga dapat menjangkau para pelaku industri, seperti institusi pendidikan ataupun dinas terkait secara lebih mudah dan intens. 

Baca Juga  Pecahnya Jembatan Kaca Banyumas: Membongkar Fakta di Balik Kejadian Mengejutkan

“Kami sangat senang menyambut kedatangan dari Sekolah Cinta Ilmu bersama Witel Kabupaten Bandung Barat. Harapannya, sesi sharing knowledge ini dapat memberikan pencerahan kepada pihak sekolah untuk mendapatkan solusi terkait penyusunan kurikulum yang mereka inginkan. Harapannya, akan ada kolaborasi lanjutan antara kami dengan Witel Kabupaten Bandung Barat ataupun Witel lainnya, sehingga kami dapat memberikan solusi dari masalah yang dihadapi oleh para institusi pendidikan dan juga instansi terkait,” ujar Ilham, Head Branch Educourse Wilayah Bandung.

Dari pertemuan ini, pihak Educourse menyatakan siap untuk membantu membantu pihak Sekolah Cinta Ilmu untuk menentukan kurikulum yang tepat. Nantinya jika pihak sekolah ingin dibantu, maka mereka dapat menghubungi kembali pihak Witel Kabupaten Bandung Barat, yang akan menjadi jembatan untuk bisa menggunakan layanan yang disediakan oleh Educourse.

“Kami sangat senang dapat membantu startup binaan kami untuk menemukan peluang melebarkan target pasar mereka. Maka dari itu, kami melakukan aktivasi dengan berkolaborasi dengan Witel-Witel yang tersebar di seluruh regional agar dapat membantu memberikan solusi yang dibutuhkan oleh para customer mereka. Harapannya, akan semakin banyak startup binaan kami yang terbantu dengan adanya list of prospects yang didapatkan dari beragam Witel,” ujar Patricia Eugene Gaspersz selaku Senior Manager Indigo Management Telkom.

Baca Juga  Indocare Menggandeng Transcosmos Commerce untuk Menangani Penjualan Online Produk Confiant

Indigo (https://indigo.id/) merupakan program inkubator dan akselerator startup digital milik PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom). Sejak 2013, Indigo telah berhasil membina lebih dari 200 startup digital. Melalui kolaborasi dengan pihak Telkom Regional, yang diwakili oleh Witel setempat, Indigo telah membantu startup binaannya menemukan klien-klien potensial. Harapannya, pihak Telkom Regional dapat menemukan kebutuhan atas permasalahan yang dihadapi oleh para klien mereka dengan solusi-solusi yang ditawarkan oleh startup binaan Indigo.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES