Coach Priska Sahanaya Serukan Semangat Belajar Public Speaking di SMP Makarios Bersama PRONAS dan SINOTIF

Foto Kebersamaan Coach Priska Sahanaya dan guru-guru beserta siswa-siswi SMP Makarios. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Melatih Public Speaking Melalui Kegiatan Presentasi

Kemampuan public speaking merupakan kemampuan komunikasi yang bertujuan agar pembicara dapat mempengaruhi audiens untuk menjalin relasi dengan sang pembicara. Kemampuan ini sangat penting untuk dilatih sejak dini terutama di masa anak usia sekolah agar anak terbiasa untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya dan dengan orang-orang di sekitarnya. Dalam mengembangkan kemampuan public speaking, Coach Priska Sahanaya melanjutkan acara workshop public speaking di 1.000 Sekolah di tingkatan SD, SMP, SMA dan SMK. Coach Priska Sahanaya memilih untuk terjun langsung memberikan materi-materi public speaking untuk membantu membangun karakteristik anak menjadi pribadi yang lebih pemberani dalam menyampaikan perasaan dan pemikirannya.

Pada 29 Mei 2024, Coach Priska Sahanaya berkesempatan untuk menyelenggarakan workshop di SMP Makarios yang disponsori oleh Pronas dan Sinotif. Coach Priska Sahanaya membawakan tema “4 Teknik Presentasi” yaitu teknik-teknik presentasi yang perlu diperhatikan para siswa agar presentasi dapat menarik perhatian dan memberikan kesan positif pada audiensnya.

Workshop Interaktif Mendapat Respon Positif dari Siswa dan Guru SMP Makarios

Potret siswa yang maju ke depan ketika mengikuti sesi tanya jawab mengenai public speaking. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Selama pemaparan materi, para siswa-siswi mengikuti acara dengan antusiasme yang tinggi dikarenakan Coach Priska Sahanaya mengadakan kompetisi yang mana para siswa diajak untuk aktif berpartisipasi lewat kegiatan tanya jawab dan para siswa-siswi diminta untuk menunjukkan kemampuan public speaking-nya di depan aula. Pada kompetisi tersebut, Coach Priska Sahanaya akan memberikan poin pada setiap siswa yang berpartisipasi. Sehingga di akhir acara, siswa dengan poin terbanyak akan memenangkan medali penghargaan dari Priska.

Baca Juga  RevComm Indonesia Raih Sertifikasi ISO 27001:2022, Perkuat Komitmen Keamanan Informasi

Coach Priska Sahanaya bersama siswa dengan poin terbanyak yang memenangkan medali dari Priska. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Diadakannya kompetisi membuat para siswa-siswi berlomba-lomba untuk menunjukkan kemampuan public speaking-nya kepada Coach Priska Sahanaya. Melihat hal tersebut, guru-guru SMP Makarios turut senang dengan cara Priska mengajarkan materi public speaking yang efektif dan membuat suasana belajar yang suportif sehingga siswa tidak merasa ragu ataupun malu-malu ketika menunjukkan kemampuan public speaking-nya. Para guru SMP Makarios mengharapkan acara yang bermanfaat seperti ini dapat dilanjutkan kerja samanya di SMP Makarios sekaligus juga di berbagai sekolah lain agar para siswa-siswi dapat merasakan pengalaman belajar public speaking langsung dengan ahlinya.

Serunya Kehadiran PRONAS dan SINOTIF

Acara workshop public speaking dimeriahkan dengan acara cooking tour bersama Pronas. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Kegiatan workshop ini dimeriahkan juga dengan kehadiran sponsor Pronas yang mengadakan acara cooking tour. Pada kesempatan tersebut, tim dari Pronas memberikan resep dan mengadakan demo memasak dengan mengolah produk-produk Pronas menjadi santapan yang mudah dibuat dan tentunya nikmat. Sebagai pelopor makanan kaleng yang telah selama 70 tahun berkomitmen untuk memberikan inovasi makanan praktis dan bergizi, Pronas pun membagikan produk-produk unggulannya sebagai bagian dari hadiah pada sesi workshop.

Pemaparan program-program bimbel Sinotif. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Kemudian acara workshop pun turut diramaikan dengan kehadiran tim dari Sinotif yang mengadakan sesi sharing belajar efektif dan juga kuis-kuis menarik. Sebagai bimbingan belajar yang telah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun dengan spesialisasi mata pelajaran matematika, fisika, dan kimia, Sinotif menjelaskan program-program terbaiknya dalam memberikan bimbel personal yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan target belajar siswa. Baik secara daring dan luring serta dapat juga menyesuaikan untuk kurikulum nasional dan internasional.

Baca Juga  Musim Penghijauan: PT Meratus Line dan Flower Story Tanam 400 Pohon di Jakarta Timur

Testimoni Siswa

Foto kebersamaan Coach Priska Sahanaya dengan siswa-siswi SMP Makarios. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Kegiatan workshop yang diadakan Coach Priska Sahanaya ini mampu menginspirasi para siswa-siswi SMP Makarios. Salah satunya siswi kelas 8 bernama Gladis yang memberikan kesan yang didapatkannya selama mengikuti workshop, “Menurut saya, dari seminar ini saya bisa merasa lebih terinspirasi untuk public speaking dan saya lebih termotivasi untuk mengajar yang lain dan memberi ilmu tentang public speaking ke orang lain. Menurut saya, Coach Priska Sahanaya itu orangnya seru, sosial, dan inspiratif,” kata Gladis. 

Salah satu siswa kelas 8 bernama Timothy ikut memberikan pendapatnya, “Acara public speaking hari ini sangat menarik karena bagaimana Coach Priska Sahanaya mengantarkannya. Menurut saya, saya dapat belajar banyak dan mungkin suatu hari saya bisa melakukan public speaking sebagus Coach Priska Sahanaya. Menurut saya, Coach Priska Sahanaya itu sangat semangat, baik, dan menginspirasi,” ujar Timothy

Selanjutnya Christian menimpali, “Menurut saya, saya tertarik dengan public speaking-nya karena saya bisa belajar ngomong di depan orang ramai, mudah dipahami, dan dapat langsung dipraktikkan. Menurut saya, Coach Priska Sahanaya itu orangnya baik, humoris, dan asyik,” tambah siswa kelas 7 tersebut sambil tersenyum-senyum.

Testimoni Guru

Penyerahan Plakat dari Bapak Afris, guru dan wakil kesiswaan SMP Makarios, kepada Coach Priska Sahanaya. Sumber gambar: Dok. Pribadi

Menurut Bapak Afris, selaku guru dan wakil kesiswaan di SMP Makarios, kehadiran Coach Priska Sahanaya yang cekatan dalam membawakan materi dengan menyenangkan, energik, dan tetap rendah hati dengan ilmu-ilmu yang ia miliki dapat menjadi contoh public speaker yang menginspirasi bagi para siswa-siswi. Pak Afris kemudian memberikan kesan yang didapatkannya terkait workshop, “Yang paling menarik di acara hari ini adalah Coach Priska Sahanaya yang sungguh energik dan membuat acara yang lumayan seru, kuis-kuis berhadiah dan anak-anak sangat antusias. Manfaat untuk siswa-siswi adalah bahwa pada saat mereka mengetahui cara untuk public speaking yang benar dan mereka bisa belajar teknik untuk bagaimana cara untuk presentasi di depan umum,” pungkas Pak Afris.

Baca Juga  Bappenas Tekankan Penyusunan Perencanaan Kebijakan Berbasis Sadar Risiko

Harapan dan Pesan Coach Priska Sahanaya

Coach Priska Sahanaya mengharapkan dengan diadakannya kegiatan workshop public speaking gratis di SMP Makarios, ke depannya para guru dan siswa-siswinya dapat meneruskan pentingnya membuat ruang belajar sebagai ruang yang suportif untuk sama-sama membantu pengembangan diri pada siswa. Sebab menurut Coach Priska Sahanaya, ruang belajar yang suportif akan membantu para siswa-siswi untuk berani mengeksplorasi minat dan bakatnya sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa agar berani menunjukkan kemampuan yang dimilikinya.

Coach Priska Sahanaya juga mengharapkan semoga pengalaman workshop public speaking yang diadakannya dapat memantik keinginan para siswa-siswi untuk terus mempelajari tentang public speaking karena kemampuan tersebut merupakan kemampuan yang sangat menunjang untuk masa depan para siswa-siswi.

Pendaftaran

Mau sekolah Anda mendapatkan public speaking dari Coach Priska Sahanaya? Yuk daftarkan sekarang juga melalui nomor di bawah ini!

Coach Priska Sahanaya
081389608249

Nama penulis: Anggi Tresna Santika

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES