Kementerian perdagangan gelar pelatihan Ekspor UMKM

Nasional, Bisnis, Ekonomi168 Dilihat
Dokumentasi para peserta pelatihan Ekspor UMKM kementerian perdagangan, foto: WY/IMG.

Jakarta, Markaberita.id Komunitas aku akar rumput bersama kementerian perdagangan Bekerja sama dengan Eksporkita E-Commerce B2B Export Import, realisasikan program pelatihan UMKM Ekspor secara Online dan Offline, pada Senin 19/06/2023 di Kementrian Perdagangan RI di Jl. M.I. Ridwan Rais No.5, RT.7/RW. 1, Kecamatan Gambir Kota Jakarta Pusat.

Dengan jumlah peserta pelatihan sebanyak 15 UMKM dari komunitas aku akar rumput, bertindak sebagai narasumber dalam giat tersebut, bapak Marolop Nainggolan, Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Kementerian perdagangan dan  bapak Pahala Manalu.

Secara resmi acara pelatihan Ekspor UMKM dibuka oleh Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Kementerian perdagangan, Marolop Nainggolan.

Baca Juga  Problem Solving Warga Bontonompo, AKP. Hasan Fadhlyh Diduga Tidak Laksanakan Harapan Kapolri Serta Cuek Terhadap Media

Kemudian diisi dengan pembekalan kepada para peserta oleh Nara sumber, Pahala Manalu. Dalam pemaparannya kepada peserta pelatihan, menyampaikan ” dewasa ini perkembangan ekspor import semakin tinggi dari tahun ke tahun, sehingga membuka peluaang pelaku ekpor impor ditanah air, seiring dengan itu diperlukan tempat dan sarana pelatihan agar terbentuknya SDM yang diharapkan tentunya” papar nya.

Lebih lanjut Sang Nara sumber menjabarkan ke ilmuannya kepada para peserta secara detail dan gamblang.

Dikesempatan yang sama, Wulan Yanuk muklies, SE. Ketua Komunitas Akar Rumput dalam keterangan persnya menyampaikan ” Saya selaku ketua komunitas Akar Rumput sangat mengapresias pelatihan Ekspor UMKM, bersama kementerian perdagangan bekerjasama dengan E-Commerce B2B Export Import yang nantinya bisa bermunculan para pelaku ekspor impor di tanah air,” ujarnya.

Baca Juga  LQ Indonesia Law Firm Berduka Cita Atas Wafatnya Agus Handaja CO Founder LQ Jakarta Pusat

“Ini merupakan pelatihan yang sangat berharga buat para peserta tentunya, karena ilmu yang didapatnya nanti bisa diterapkan dimasyarakat juga dapat di implementasikan secara berkelanjutan,” lanjut ketua komunitas Akar rumput Teh Wulan yanuk.

” Lebih-lebih bisa meningkatkan taraf hidup semua peserta, dari ilmu yang didapat dalam pelatihan Ekspor UMKM ini,” pungkasnya.

Tujuan  Pelatihan Ekspor ini adalah:
1. Menjadi Trader Ekspor
2. Menguasai B2B ekspor, untuk mempromosikan,
produk dagangannya.
3. Meningkatkan skill Pedagang dan
Eksportir trampil.
4. Memperbanyak jumlah Pedagang agar banyak
menjadi Trader Ekspor
5. Membantu UKM manjadi eksportir

Diharapkan dengan pelatihan yang sudah dilaksanakan ini, dapat melahirkan para pelaku ekspor yang terampil. (***).

Komentar