Catat 5 Skill Penting yang Wajib Dimiliki Agen Contact Center di Era Digital!

Ekonomi19 Dilihat

Catat 5 Skill Penting yang Wajib Dimiliki Agen Contact Center di Era Digital!

Dalam era digital yang terus berkembang, peran agen contact center mengalami perubahan yang signifikan. Agar dapat berhasil dalam lingkungan yang semakin terhubung ini, agen contact center harus memperoleh skill baru yang relevan dengan tuntutan zaman. Artikel ini akan menjelaskan beberapa keterampilan baru yang harus dimiliki oleh agen contact center saat ini, dan bagaimana skill ini dapat membantu mereka menjadi unggul dalam lingkungan kerja yang semakin digital. 

1. Kemampuan Teknologi dan Pemahaman Sistem 

Agen contact center yang unggul harus memiliki pemahaman mendalam tentang teknologi yang digunakan dalam contact center, termasuk sistem CRM, platform live chat, media sosial, dan alat komunikasi lainnya. Mereka harus terampil dalam menggunakan perangkat lunak dan aplikasi terkait, sehingga dapat berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai channel dengan lancar. Memiliki pemahaman yang kuat tentang sistem dan teknologi juga memungkinkan agen untuk memberikan dukungan teknis yang diperlukan kepada pelanggan. 

2. Kemampuan Komunikasi Multichannel 

Agen contact center modern harus terampil dalam berkomunikasi melalui berbagai channel komunikasi, termasuk telepon, email, live chat, pesan instan, dan media sosial. Mereka harus mampu menyesuaikan gaya komunikasi mereka dengan setiap saluran, menyampaikan pesan dengan jelas dan efektif, serta menjaga profesionalisme dalam setiap interaksi. Kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat antara channel komunikasi yang berbeda adalah keterampilan yang sangat berharga dalam era digital ini. 

Baca Juga  LEMOND.ID Merupakan Produk INDOGO.ID yang Bisa Bantu Dalam Mengefisiensikan Toko Berlian

3. Keterampilan Penyelesaian Masalah dan Analitis 

Dalam konteks era digital yang kompleks, agen contact center harus mampu memecahkan masalah dengan cepat dan efisien. Mereka perlu mengembangkan keterampilan analitis untuk menganalisis data dan informasi yang diterima dari pelanggan, mengidentifikasi akar masalah, dan menemukan solusi yang tepat. Keterampilan ini membantu agen mengambil keputusan yang informasional dan memastikan kepuasan pelanggan yang tinggi. 

4. Keterampilan Empati dan Emosional 

Meskipun teknologi terus berkembang, hubungan manusia tetap menjadi inti dari interaksi dengan pelanggan. Agen contact center harus memiliki kemampuan empati yang kuat untuk memahami dan merespons perasaan dan kebutuhan pelanggan. Mereka harus mampu menciptakan ikatan emosional dengan pelanggan, menunjukkan empati dan menghadirkan solusi yang penuh perhatian. Dalam era digital yang cenderung terasa kurang personal, keterampilan ini menjadi semakin berharga. 

Baca Juga  KAJIAN STRATEGIS MAKAN GRATIS DI SEKOLAH INDONESIA FOOD SECURITY REVIEW (IFSR): Enam Jurus Ampuh Anak Indonesia Menuju Masa Depan Gemilang.

5. Keterampilan Manajemen Waktu dan Prioritas 

Agar dapat mengatasi volume interaksi yang tinggi dan berbagai tugas yang harus diselesaikan, agen contact center harus memiliki keterampilan manajemen waktu dan prioritas yang baik. Mereka harus mampu mengatur jadwal dengan efisien, menetapkan prioritas tugas, dan mengelola waktu dengan bijaksana. Keterampilan ini membantu agen tetap produktif dan memastikan layanan yang responsif kepada pelanggan. 

Dalam era digital yang semakin terhubung, agen contact center yang unggul harus mengembangkan keterampilan baru yang relevan dengan tuntutan zaman. Sebagai perusahaan penyedia outsourcing layanan contact center, PT VADS Indonesia menyadari pentingnya keterampilan baru bagi agen contact center. Dengan tim agen yang dilengkapi dengan kemampuan teknologi, komunikasi multichannel, pemecahan masalah, empati, dan manajemen waktu, PT VADS Indonesia siap memberikan layanan contact center yang unggul kepada klien kami. Dengan kerja sama yang kuat, PT VADS Indonesia akan membantu meningkatkan koneksi dengan pelanggan, memberikan customer experience yang baik, dan membantu perusahaan mencapai keberhasilan dalam lingkungan digital yang kompetitif. Hubungi kami sekarang untuk memulai kolaborasi yang menguntungkan! 

Baca Juga  Butuh Mentor Bisnis dan Pendanaan? Program Akselerasi Startup Instellar dan IKEA Social Entrepreneurship Resmi Dibuka

PT. VADS Indonesia yang didirikan pada tahun 2008 merupakan bagian dari TM Company, Malaysia. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Business Process Outsourcing (BPO) dan Information and Communication Technology (ICT), PT. VADS menyediakan solusi – solusi terbaik untuk meningkatkan customer experience pelanggan anda. Dengan mengintegrasikan proses, teknologi dan sumber daya. Solusi yang disediakan PT. VADS meliputi : Contact Center Service Solution, Customer Service Learning Center, Omni-channel Strategy, Social Media Analytics, IT Managed Service, Smart Service, Cyber Security, dan Blockchain Secure Authentication. Hingga saat ini PT. VADS telah bermitra dengan lebih dari 50 perusahaan yang terdiri dari Multi Industry Services seperti: Telco, Financial Service, Government, E-Commerce, Pharmaceutical, FMCG, dll. PT. VADS memiliki kantor pusat di Jakarta dan 3 kantor operasional yang terletak di Yogyakarta, Solo, dan Semarang.

Arum Tias Astiningsih
Public Relations Specialist PT VADS Indonesia
[email protected]
082177406930

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES