4 Point Penting Dalam Deklarasi Bawaslu RI Pemilu 2024 Ramah Disabilitas

 

Bawaslu RI Bersama Para Lembaga Disabilitas Deklarasi Pemilu 2024 Ramah Disabilitas foto: (ZS/M-IMG)

 

Jakarta, Markaberita.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI bersama Lembaga Disabilitas yang hari ini di (6/7/23) di  laksanakan di hotel Sahid Jakarta PLh Bawaslu RI Lolly Suhenty menjelaskan ‘ ada empat tujuan dari lahirnya deklarasi hari ini.

Pertama, ialah berkolaborasi untuk pencegahan, pengawasan, dan menindaklanjuti segala pelanggaran yang terjadi pada hak-hak politik disabilitas pada Pemilu Serentak Tahun 2024 secara inklusif.

“Kemudian berkomitmen mendukung pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoaks, ujaran kebencian, politisasi SARA, dan politik uang,” ujar Lolly usai deklarasi di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Baca Juga  GPI jakarta Raya Dukung Gus Yaqut sebagai cawapres Pendamping Ganjar Pranowo Pada Pilpres 2024.

“Ketiga, meningkatkan kesadaran dan pemahaman yang benar dan sama tentang kesetaraan penyandang disabilitas dan ragamnya di sektor kepemiluan,” sambungnya.

Lalu yang terkahir ialah meningkatkan pengawasan partisipatif hak-hak politik penyandang disabilitas dalam Pemilu 2024 secara inklusif.

Pemilu ramah akses disabilitas, jelas Lolly, adalah konsep yang menekankan pentingnya untuk menyediakan aksesibilitas yang memadai bagi individu dengan disabilitas dalam proses pemilihan umum.

Tujuan utamanya adalah memastikan bahwa semua warga negara, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik atau mental, dapat berpartisipasi sepenuhnya dalam pemilihan politik.

Dalam deklarasi ini Bawaslu menggandeng Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Komisi Nasional Disabilitas (KND), Pusat Pemilihan Umum Akses (PPUA), turut hadir juga Putri Aryani peraih tiket golden buzzer America Got Talent (AGT) untuk bersama melakukan deklarasi pemilu ramah disabilitas.(Red).

Komentar