Upaya Pemakzulan President Joe Biden

Berita Utama105 Dilihat

Joe Biden

Joe Biden President Amerika Serikat

 

Jakarta, Markaberita.id

Kevin McCarthy, yang menjabat sebagai Ketua DPR dan memimpin Partai Republik di DPR, telah dilobi selama berminggu-minggu oleh anggota sayap kanan untuk membuka penyelidikan pemakzulan.

Anggota Kongres Matt Gaetz dari Florida, sekutu dekat mantan Presiden Donald Trump, menyebut pengumuman itu sebagai “langkah kecil setelah berminggu-minggu tekanan dari kubu konservatif di DPR untuk berbuat lebih banyak”. Dia sebelumnya mengancam akan memaksakan pemungutan suara untuk mencopot McCarthy dari posisi kepemimpinannya jika Ketua DPR tidak memulai penyelidikan pemakzulan.

Kekuasaan McCarthy di DPR telah lemah sejak ia memenangkan jabatan tertinggi pada bulan Januari setelah 15 putaran pemungutan suara di DPR – sebuah rekor modern.

Baca Juga  Jabatan Pj Sekda Dinilai Cacat Hukum, Kantor Hukum POEYANK Tantang Pj Walikota Pagar Alam ke Ranah Hukum

Dia saat ini sedang mencoba untuk menyalurkan serangkaian tagihan belanja melalui DPR. Langkah-langkah ini harus disetujui oleh Kongres pada akhir September untuk menghindari penutupan sebagian pemerintahan AS.

Langkah McCarthy untuk mendukung pemakzulan dapat dipandang sebagai upaya untuk mendapatkan dukungan dari anggota DPR dari Partai Republik sayap kanan menjelang pertarungan anggaran.

Namun, strategi seperti itu mempunyai risiko. Anggota Partai Republik yang beraliran tengah di distrik-distrik yang kompetitif telah menyatakan ketidaknyamanannya dengan dorongan pemakzulan yang agresif, karena khawatir hal tersebut akan mengasingkan pemilih independen dan moderat yang membawa mereka menuju kemenangan. McCarthy memiliki mayoritas 10 kursi di majelis, jadi jika segelintir dari anggota Partai Republik ini bersikap dingin terhadap pemakzulan, hal ini bisa menjamin kegagalannya.

Baca Juga  Inggris Tembus Final Euro 2024 Usai Kalahkan Belanda 1-2

Beberapa anggota DPR dari Partai Republik yang rentan mengatakan kepada wartawan pada hari Selasa bahwa mereka fokus pada penyelidikan kongres yang sedang berlangsung terhadap Biden, daripada penyelidikan pemakzulan.

Senator Demokrat Chris Coons mengatakan dalam sebuah wawancara dengan BBC, mengatakan bahwa “Pembicara McCarthy menunjukkan bahwa dia disandera oleh elemen paling ekstrim dari mayoritas Partai Republik.”

Partai Demokrat sudah menunjukkan bahwa McCarthy dengan tajam mengkritik pemimpin Demokrat Nancy Pelosi pada tahun 2019, ketika dia mengumumkan penyelidikan pemakzulan terhadap Trump tanpa mengadakan pemungutan suara resmi.

Mengapa Partai Republik ingin memakzulkan Joe Biden sekarang?

Meskipun McCarthy hanya mengatakan bahwa dia menyetujui penyelidikan pemakzulan pada saat ini, tekanan akan meningkat terhadap pemungutan suara resmi di DPR untuk menetapkan aturan sidang pemakzulan.

Baca Juga  HOTMAN PARIS TIDAK MINTA MAAF, KATE LIM AKAN PIDANAKAN HOTMAN PARIS KE MABES SELASA 26 SEPTEMBER 2023

Pemungutan suara seperti itu akan membuat kelompok sentris itu masuk dalam daftar orang-orang dan menjadi sasaran serangan Partai Demokrat pada pemilu November 2024.

Namun, itu adalah masalah tahun depan bagi McCarthy. Saat ini, ia berusaha mencegah para anggota Kongres yang konservatif dan nakal agar tidak melakukan pemberontakan secara terbuka – dan memaksa dilakukannya pemungutan suara mengenai apakah ia akan dicopot dari jabatannya.

Pemakzulan – atau setidaknya gerakan ke arah pemakzulan – dapat memberinya ruang bernapas politik untuk bertahan dalam beberapa bulan mendatang. (Red)

Komentar