DPRD Kota Bandung Sambut Baik Praktik Kuliah Politik FISIP Unpas

Daerah51 Dilihat

Anggota DPRD Kota Bandung, H. Andri Rusmana, S.Pd.I., dan H. Asep Mulyadi menerima kunjungan mahasiswa FISIP Unpas, di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kota Bandung, Senin, 20 Mei 2024.

Markaberita.id

Kota Bandung – Anggota DPRD Kota Bandung, H. Andri Rusmana, S.Pd.I., dan H. Asep Mulyadi menerima kunjungan mahasiswa FISIP Universitas Pasundan (Unpas) dalam rangka praktik mata kuliah Sistem Politik Indonesia dan Otonomi Daerah, di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kota Bandung, Senin, 20 Mei 2024.

Anggota DPRD Kota Bandung, Andri Rusmana menilai bahwa penerimaan kunjungan para mahasiswa ini merupakan bagian dari kerja sama DPRD Kota Bandung dengan institusi pendidikan di Kota Bandung.

Baca Juga  Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023 dibahas di Banggar DPRD

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan edukasi DPRD Kota Bandung terhadap para mahasiswa yang juga merupakan masyarakat Kota Bandung, terkait tugas pokok dan fungsi legislatif di Pemerintahan Kota Bandung.

“Kita menyadari bahwa para mahasiswa hari ini adalah regenerasi yang akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan di negeri ini. Mudah-mudahan dengan sharing hari ini, bisa berdampak baik, tidak hanya hari ini, tapi juga di masa yang akan datang,” ujarnya.

Andri pun menambahkan, dengan edukasi yang diberikan, diharapkan ke depan mahasiswa atau masyarakat tidak ada lagi bersikap apatis, namun mulai menggemari dan mencintai politik yang tidak lepas dari setiap aspek kehidupan sehari-hari.

“Saya berpesan untuk para mahasiswa ini, teruslah berproses, memberikan karya yang terbaik untuk Unpas, juga terus lah berorganisasi, karena orang-orang yang sukses itu, biasanya mereka yang aktif berorganisasi. Dan jadikan kampus itu sebagai laboratorium untuk menatap bagaimana kehidupan nyata pasca dunia kampusnya. Sehingga teman-teman ini akan lebih siap menghadapi bagaiamana tantangan zaman ke depan,” katanya.

Baca Juga  Sarjan Tokoh Muda Inspiratif Maju Pilkada Bekasi Siap Mengubah Warna Politik Kabupaten Bekasi 2024

Sementara itu, anggota DPRD Kota Bandung lainnnya, Asep Mulyadi mengapresiasi kegiatan praktik mata kuliah, dengan terjun langsung dan melihat realita di lapangan. Bahkan, upaya seperti ini harus menjadi budaya di setiap kampus.

“Kegiatan seperti ini menurut saya perlu dibudayakan. Jadi teman-teman kampus harus datang ke kantor DPRD, dan dinas-dinas, untuk melihat dan merasakan langsung apa yang dilakukan pemerintah. Karena seringkali ilmu yang dipelajari hanya dalam teks atau teori buku,” ujarnya.

Ia pun berharap, para mahasiswa yang hadir hari ini, dapat mengetahui secara umum tugas pokok dan fungsi DPRD Kota Bandung. Termasuk masalah-masalah terkini yang sedang terjadi di Kota Bandung.

“Dengan para akademisi mengetahui situasi terkini, maka mereka akan lebih jauh mengkaji dan memiliki solusi dari persoalan yang terjadi di Kota Bandung. Sebab, sebuah proses pembangunan tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, tanpa andil dari akademisi sebagai bagian dari unsur pentahelix yang saling berkaitan,” katanya.

Baca Juga  Wakil Bupati Drs. H. Soemarjono Memimpin Pembukaan Pameran Pembangunan Dalam Rangka Hari Jadi ke-11 Kabupaten PALI

(Oci/hms)**

 

Komentar