KiriminAja x Plugo: Bisnis Lebih Maju Jadi Juara dengan Strategi Brand Lokal Penuh Akal

Ekonomi41 Dilihat

KiriminAja x Plugo adakan workshop Strategi Brilliant Local Brand untuk Menjadi Market Leader sebagai rangkaian pertama kolaborasi Bisnis Lebih Maju Jadi Juara

Di era digital yang terus berkembang pesat, persaingan bisnis tidak lagi terbatas pada lingkup lokal. Saat ini brand lokal memiliki peluang untuk menembus pasar nasional, bahkan internasional.

Namun, untuk mencapai kesuksesan tersebut, dibutuhkan strategi yang matang dan eksekusi yang tepat sasaran. Ini menjadi topik utama dalam acara “Bisnis Lebih Maju Jadi Juara” yang diselenggarakan oleh KiriminAja dan Plugo pada Jumat, 17 Mei 2024, di Antologi Collaborative Space.

Sebelum masuk rangkaian acara ini, ada pengenalan brand Plugo oleh Izki Aldrin Iswarna (Direktur Plugo Indonesia) dan KiriminAja oleh Haryadi Syarif, CCO KiriminAja. KiriminAja adalah platform pengiriman barang dengan berbagai pilihan ekspedisi terbaik di Indonesia yang menawarkan solusi pengiriman paket seperti COD, Non COD, Kargo, dan Instan bagi para pebisnis lokal.

Baca Juga  Panduan Lengkap Bagi Anda untuk Mengajukan Permohonan Izin Usaha di Indonesia

Sementara itu, Plugo hadir sebagai Platform Manajemen Toko All-in-One yang bertujuan membantu bisnis lokal memaksimalkan potensinya, baik secara online maupun offline, melalui berbagai program, termasuk komunitas Seller Juara yang bertujuan mengembangkan bisnis UMKM.

Sharing Tentang Strategi Lokal Brand

Sesi Workshop Strategi Brilliant Local Brand untuk Menjadi Market Leader

Dalam acara ini, para pelaku bisnis hadir untuk mendengarkan talkshow yang berharga dari dua pembicara utama yang telah sukses mengembangkan brand lokal mereka menjadi market leader. Pertama, M. Hidayat Rifai, Co-Founder & CEO CRSL yang berbagi pengalaman membangun fashion brand lokal yang kini telah merambah pasar nasional.

Ia menguraikan strategi brilian yang digunakan, mulai dari memahami keinginan pasar hingga menciptakan produk yang unik dan berkualitas tinggi. Dayat menjelaskan pentingnya memahami perilaku konsumen melalui customer persona dan mengetahui pain and gain di bisnis untuk menyesuaikan karakter brand dengan target konsumen dan memajukan bisnis.

Pembicara kedua, Indah W. Wardani, Founder & CEO Ederra, mengisahkan kesuksesan brand fashion lokalnya yang berhasil meraih hati konsumen di seluruh Nusantara. Ia memaparkan pentingnya membangun hubungan erat dengan pelanggan dan memanfaatkan kekuatan media sosial untuk meningkatkan awareness dan loyalitas merek.

Baca Juga  Pesan Makanan Tanpa Aplikasi: PVG Hubungkan Merchant dan Pelanggan Melalui Fitur Baru Delivery Order Posy Resto

Indah menekankan bahwa brand harus adaptif dengan memegang nilai bisnis, mengikuti tren pasar, dan memiliki kesiapan mental untuk bertanggung jawab seiring pertumbuhan bisnis yang bersifat maraton.

Para hadirin terpukau oleh insights berharga yang disajikan kedua pembicara. Mereka tidak hanya berbagi strategi pemasaran yang efektif, tetapi juga menekankan pentingnya konsistensi, inovasi, dan kegigihan dalam mengelola brand lokal agar dapat bersaing di pasar yang lebih luas.

Furqanda Labarza, Sr. Marketing Plugo, bertindak sebagai moderator, memandu diskusi dengan baik, menciptakan suasana hangat dan interaktif bagi para pelaku bisnis online untuk saling berbagi pengalaman dan memperkuat jaringan mereka.

Kolaborasi antara KiriminAja dan Plugo ini adalah langkah strategis untuk mendukung pertumbuhan bisnis lokal di era digital. Ke depannya, akan ada lanjutan rangkaian event talkshow, webinar, dan workshop bisnis yang dirancang untuk semakin memperkuat kemampuan para pebisnis lokal dalam menghadapi tantangan digital.

Baca Juga  Hisense Football for School Program Meraih Gelar Best CSR for Electronic Brand dari Selular Award 2024

Harapannya, melalui kegiatan ini, para pebisnis lokal dapat memaksimalkan potensi mereka di ranah digital, mulai dari media sosial, e-commerce, hingga website.

Acara “Bisnis Lebih Maju Jadi Juara” ini tidak hanya memberikan wawasan berharga bagi pemilik brand lokal, tetapi juga menginspirasi mereka untuk terus berinovasi dan mengembangkan produk berkualitas yang mampu bersaing di pasar nasional.

Dengan strategi yang tepat dan eksekusi yang konsisten, brand lokal Indonesia berpotensi meraih kesuksesan yang lebih besar dan menjadi pemimpin pasar di industri masing-masing.

Sampai berjumlah di event Plugo x KiriminAja Bisnis Lebih Maju Jadi Juara selanjutnya!

Komentar