Tingkatkan Literasi, Pusling Dispersip Kalsel Disambut Antusias Warga Binaan Lapas Banjarbaru

Daerah90 Dilihat

Banjarbaru, Markaberita.id –  Perpustakaan Keliling (Pusling) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel mengunjungi Lapas Kelas IIB Banjarbaru, Selasa (23/5/2023). Kunjungan ini dalam rangka meningkatkan literasi minat baca Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Banjarbaru.

 

“Minat baca warga binaan cukup tinggi, mereka sangat antusias membaca buku setiap ada kunjungan mobil Pusling Dispersip Kalsel. Hadirnya Pusling ini juga mendukung program Lapas untuk memberikan pembinaan yang bermanfaat bagi warga binaan,” ujar Kalapas Banjarbaru, Amico Balalembang.

 

Lebih lanjut, Amico mengungkapkan bahwa salah satu upaya membina warga binaan untuk siap kembali ke masyarakat adalah dengan menumbuhkan minat warga binaan untuk membaca buku. Ia juga berharap, warga binaan bisa memiliki intelektual dan wawasan yang luas melalui minat baca buku.

Baca Juga  Lapas Banjarbaru dan BNNK Banjarbaru Lakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama P4GN Pada Apel Hari Kesadaran Nasional

 

“Kita terus berupaya menstimulasi warga binaan agar tertarik membaca buku melalui keberadaan pusling yang setiap hari kita adakan di blok-blok hunian warga binaan. Harapannya, warga binaan dapat terus memiliki kegemaran membaca buku, karena buku adalah jendala dunia dan jembatan pengetahuan,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari program kerja Dispersip Kalsel untuk meningkatkan literasi masyarakat. Pihaknya juga berkomitmen untuk terus bergerak jemput bola ke berbagai kalangan, demi bisa menggalakan literasi dan meningkatkan minat baca.

 

“Semua orang punya hak yang sama untuk mendapatkan pengetahuan dan kita memberi kesempatan itu kepada penghuni Lapas dan Rutan di Kalsel. Pasti banyak warga binaan yang suka membaca, melalui pusling ini semoga bisa membantu mereka meningkatkan minat bacanya,” ungkapnya.

Komentar