Atraksi Tarian Sayank Bakumpai, Meriahkan Pasar Murah Didesa Semangat Karya Batola

Daerah812 Dilihat

Markaberita.id –

BARITO KUALA, – Atraksi Tarian Dayak Bakumpai persembahan dari Sanggar Dayak Keluarga Borneo (DKB) Barito Kuala yg berjumlah 17 Personil ikut memeriahkan Kegiatan Pasar Murah tahab kedua yang diselenggarakan Selasa, 18/07 oleh Lima Simpul Relawan non Sekber dan Forkum yaitu ; DPW. ABRI-1 Kalsel, Komunitas Hijrah Bunda/Bapak Kalsel, GO Anies Kalsel, Humanies, dan Sobat Anies Nasional dengan mengambil tempat di pertigaan Jalan Desa Semangat Bakti dan Semangat Karya Handil Bakti Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala.

 

Walaupun cuaca panas terik disiang hari hampir pukul 14.00 Wita jelang akan dimulainya pasar murah, tidak membuat surut bagi para penari untuk surut tampil, malah ketika terdengar bunyi gemerincing suara musik yang diiringi lolongan suara khas Dayak seperti lagi melakukan panggilan kepada roh-roh nenek moyang, para penari terlihat semakin beringas sambil mengacungkan mandau yang tajam menggorok batang leher, menggorok lengan dan lidah, sehingga membuat mata para pengunjung terbelalak tidak berkedip, terkesima dan histeris melihat adegan/atraksi yang ditampilkan oleh penari Dayak tersebut.

Baca Juga  Pengumuman DCS KPUD Kabupaten Bekasi

 

“Belum habis sebatang rokok, sudah tiga orang penari terkulai, dua orang kerasukan makhluk halus dan satu orang pingsan.

 

Menurut, Bima Putra Pratama, S.Pd. salah satu pembina Dayak Keluarga Borneo (DKD) BatoLa yg juga Ketua DPD. ABRI-1 BatoLa, kerasukan ataupun pingsan yang terjadi terhadap penari adalah hal yang biasa terjadi, karena pada setiap kali mereka tampil ada yang kerasukan dan untuk tampil pada hari ini tadi malam sudah dilakukan tapung tawar, meminta izin atau restu kepada tetuha adat Dayak agar tarian persembahan yang dilaksanakan pada kegiatan pasar murah berjalan dengan baik dan lancar tanpa adanya gangguan.

 

Begitu juga dengan kegiatan pasar murah diharapkan berjalan dengan lancar dan sukses. Mudah-mudahan dengan persembahan tarian Dayak dari DKB ini dapat menjadi hiburan segar bagi warga masyarakat didaerah ini, katanya.

Baca Juga  Kumuh,Diduga Tak Di Rawat SMPN 1 Sukakarya

 

Tidak lama pasar murah dibuka, warga yang sudah antri menunggu langsung menyerbu untuk berbelanja, dan dalam hitungan menit 500 Paket sembako yang berisi minyak goreng, gula pasir, mie instan, kecap manis, dan bonus jamu sari gading yang digelar diatas meja ludes terjual.

 

Kegiatan pasar murah di desa Semangat Karya selain menggelar Sembako juga diikuti kelompok UKM Barito Kuala, sehingga menambah semaraknya kegiatan pasar murah tahab II. Turut berhadir pada acara tersebut, Ketua DPW. ABRI-1 Kalsel, H. Syahrirahman, S. Sos, Sekretaris DPW. ABRI-1 Kalsel, Heldy Busrie, anggota ABRI-1 Kalsel dan BatoLa, Kepala Desa Semangat Bakti dan Kades Semangat Karya serta Caleg. DPR-RI, H. Said Hasan Machdan Dapil I Kalimantan Selatan selaku sponsor kegiatan Pasar Murah yang dilaksanakan.

Komentar