Ide Kreatif Program CSR Lingkungan untuk Perusahaan Anda

Ekonomi19 Dilihat

Ide Kreatif Program CSR Lingkungan untuk Perusahaan Anda

Dalam upaya menciptakan dampak positif bagi lingkungan, banyak perusahaan di Indonesia turut terlibat dalam aksi pelestarian. Salah satunya diwujudkan melalui program CSR. Kegiatan ini menjadi cara untuk menciptakan keberlanjutan bisnis perusahaan.

Contoh Program CSR untuk Perusahaan

1. Penanaman Pohon

Penanaman pohon merupakan cara mudah yang dapat dilakukan dan memiliki manfaat keberlanjutan. Perusahaan dapat menggunakan aksi penanaman pohon sebagai langkah untuk menurunkan emisi yang telah dihasilkan. Dengan menanam pohon, emisi karbon dioksida akan terserap lebih banyak sekaligus memberikan dampak baik untuk lingkungan.

2. Pembuatan APO (Alat Pemecah Ombak)

APO atau alat pemecah ombak merupakan alternatif program CSR yang bertujuan untuk melindungi ekosistem pesisir dari kerusakan akibat air laut. Pembuatan APO dapat meningkatkan taraf hidup bibit-bibit mangrove yang sedang dibudidaya dan juga menambah pendapatan bagi masyarakat setempat. 

Baca Juga  Tokocrypto Dukung Bulan Literasi Kripto: Ungkap Pertumbuhan dan Redakan Stres Investasi

3. Kemitraan Bersama Masyarakat Lokal

Dapat dilakukan dengan cara menyelenggarakan program pelatihan dan pemberdayaan untuk meningkatkan pendapatan dan kualitas hidup masyarakat setempat. Masyarakat dilibatkan dalam program CSR yang mendukung untuk keberlanjutan sehingga mampu menumbuhkan sikap kemandirian untuk meningkatkan taraf hidupnya.

Penanaman mangrove di Desa Bedono. (Dokumentasi: LindungiHutan).

Mengapa Program CSR itu Penting Bagi Perusahaan?

Pelaksanaan CSR merupakan kewajiban untuk setiap perusahaan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas. Sebagaimana pada pasal 2 disebutkan bahwa setiap perseroan memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Program CSR tidak hanya dilakukan sebagai bentuk kepatuhan perusahaan terhadap hukum di Indonesia. Lebih dari itu, dapat membangun reputasi baik di mata publik, meningkatkan hubungan antar stakeholder, hingga menciptakan dampak keberlanjutan bagi perusahaan. Melalui program CSR, perusahaan dapat memberikan manfaat lingkungan sekaligus menciptakan dampak nyata bagi masyarakat.

Baca Juga  Mau Pesan Tambahan Jasa di Perusahaan? Simak di Sini!

Foto penanaman mangrove di pesisir Desa Bedono, Kendal. (Dokumentasi: LindungiHutan).

Pelaksanaan program CSR lingkungan akan lebih mudah, berdampak, dan berkelanjutan jika bekerja sama dengan LindungiHutan. 

Saat ini, LindungiHutan membuka kemitraan untuk perusahaan bergabung dalam program Musim Penghijauan yang berlangsung pada bulan November-Desember. Melalui Musim Penghijauan, perusahaan Anda juga dapat mengimplementasikan program CSR sekaligus memberikan dampak bagi lingkungan dan masyarakat.

Rencananya, event ini akan dilaksanakan di 28 lokasi tersebar di Indonesia. Tersedia berbagai pilihan paket kerja sama dengan benefit yang berbeda-beda, salah satunya perusahaan akan mendapatkan hasil pemantauan pohon yang tertanam sesuai dengan kesepakatan yang berlaku.

Tertarik bekerja sama dengan LindungiHutan? Anda dapat mengunjungi link berikut https://lindungihutan.com/musim-penghijauan dan ikuti media sosial LindungiHutan untuk informasi lainnya!

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES