Lapas Banjarbaru Gelar Pembukaan Pesantren Ramadan 1444H Bagi Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan

Berita Utama105 Dilihat

Markaberita.idBanjarbaru, – Lapas Kelas IIB Banjarbaru menggelar kegiatan Pembukaan Pesantren Ramadan 1444 H bagi ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang bertempat di Mesjid Al-Ikhlas Lapas Banjarbaru, pada Senin (27/03/2023).

 

Pesantren Ramadan bersama Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Falah Putera Banjarbaru dibuka secara langsung oleh Kalapas Kelas IIB Banjarbaru, Amico Balalembang.

 

Dalam sambutannya, Kalapas Amico Balalembang menyampaikan bahwa pesantren ramadan ini merupakan program pembinaan kerohanian bagi warga binaan agar bisa fokus untuk melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan.

 

“Pesantren ramadan ini merupakan kegiatan positif yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembinaan bagi para WBP, khususnya yang beragama Islam,” katanya.

 

“melibatkan seluruh blok, setiap bloknya diwakili 50 orang WBP untuk mengikuti Pesantren Ramadan yang digelar 3x seminggu secara bergantian sesuai jadwal yang sudah kita atur,” sambungnya.

Baca Juga  Kanwil Kemenkumham Kalsel Safari Ramadan Ke Lapas Kelas IIB Banjarbaru

 

Kalapas Amico berharap melalui kegiatan pesantren ramadan ini para WBP dapat lebih mendekatkan diri kepada-Nya serta mampu meningkatkan iman dan takwa sebagai bekal untuk kembali ke masyarakat.

 

“Kami harap, kegiatan seperti ini tidak hanya berjalan selama bulan ramadan saja, tapi bisa dilaksanakan setiap waktu agar menjadi bekal saat saudara sekalian menjalani masa pidana maupun bebas nanti,” tutup Amico sembari membuka Pesantren Ramadan.

 

Sementara itu, mewakili Pimpinan Al-Falah Putera Banjarbaru, Ustadz Isnaini Adha, Lc menyampaikam terimakasih kepada Kalapas dan Jajaran atas kesempatan yang diberikn untuk mengisi kegiatan selama ramadan.

 

“mudah-mudahan pesantren ramadan ini bisa menambah wawasan keilmuan dan bisa terus berlanjut dan berkembang menjadi pesantren yang berdiri di lingkungan lapas. Semoga Allah SWT memberi kemudahan untuk bisa mempelajari pendidikan Islam secara kaffah,”ucapnya.

Baca Juga  Lapas Banjarbaru Raih Penghargaan Terbaik Kedua Pemediaan/Pengelolaan Media Sosial Pada Rakor Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2022 Kanwil Kemenkumham Kalsel

 

Adapun berbagai kegiatan pada pesantren ramadan, mulai dari belajar membaca Al-Quran, belajar hadis, hafalan doa, belajar dan praktik wudhu, mendengarkan ceramah, salat berjamaah, tarawih berjamaah, hingga tadarus Al-Quran.

Komentar