Pedagang Hewan Kurban Mengeluh, Daya Beli Masyarakat Menurun Drastis Tahun 2024 

News26 Dilihat

Depok, Markaberita.id

Berdasarkan pantauan di wilayah Kota Depok GDC pada selasa (18/6/2024), para pedagang mengaku penjualannya turun cukup signifikan.

Salah satu pedagang hewan kurban Bang Joni menyebut bahwa dirinya di tahun ini hanya bisa menjual sekitar 100 ekor hewan kurban, baik itu sapi maupun kambing. Padahal tahun sebelumnya angkanya sangat tinggi.

“Kurang rame dibanding tahun sebelumnya. Tahun lalu 200 ekor, sekarang di 100 ekoran,” kata Bang Joni, selasa (118/6/2024).

Meski demikian, dia tidak memahami kenapa di tahun ini tak banyak masyarakat yang menunaikan ibadah kurban. Ia pun hanya bisa berharap angka penjualannya terus naik di hari selanjutnya, di mana menurutnya akan terjadi lonjakan pembelian di H-1 perayaan.

Baca Juga  Matangkan Persiapan, Sekda Dedy Supriyadi Tinjau Venue MTQ ke-38 Tingkat Jawa Barat

Lebih lanjut, Bang Joni mengungkap meskipun penjualannya menurun, dia tetap berusaha keras untuk menjaga harga dagangannya tetap stabil. Dia mengaku di H-2 Idul Adha ini, harga hewan kurban baik sapi dan kambing masih sama dengan hari-hari sebelumnya.

Bang Joni mengatakan harga sapi yang dia jual masih di angka Rp18 jutaan untuk bobot paling ringan, yakni sekitar 200 kg. Sementara untuk harga tertingginya dengan bobot hampir 1 ton dibandrol seharga Rp80-85 jutaan.

“Kami di sini jual sapi jenis Limosin, Simental, Pegun, dan Madura. Paling besar yang kami punya itu hampir 1 ton harganya di Rp80-85jt. Itu jenis Pegun dan Simental,” katanya.

Sementara itu untuk kambing, Bang Joni menyampaikan harganya masih belum ada kenaikan di detik-detik sebelum perayaan Hari Raya Idul Adha. Di kandangnya, rata-rata kambing dengan ukuran sedang dibandrol dengan harga Rp5 jutaan.

Baca Juga  Kebakaran Kandang Ayam Di Pringsewu, 18 Ribu Ekor Ayam Mati Terpanggang

“Kambing kami punya Jawa Randu. Harga mulai dari Rp3,5 jutaan sampai yang paling mahal itu di Rp8 jutaan. Untuk ukuran sedang kami jual Rp5 jutaan, itu sudah bagus, banyak dagingnya,” kata dia.(Red)

Komentar