Lapas Narkotika Karang Intan Dukung Program PKM Bidang Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Fakultas Kedokteran ULM

Daerah169 Dilihat

Karang Intan, Markaberita.id – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan mendukung penuh pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bidang Masyarakat, Mahasiswa Fakultas Kedokteran Univeritas Lambung Mangkurat dengan judul “Rumah Bahagia dengan Pembinaan Psikologis Berlandaskan Prinsip Transformasional Development dengan Pendekatan Psikosial untuk Meningkatkan Makna Diri pada Narapidana Narkotika”, Selasa (25/7/2023).

 

“Kita hadir di Lapas Narkotika Karang Intan dengan agenda yang berbeda-beda selama empat minggu ke depan. Hari ini kegiatan sosialisasi yakni menjelaskan program dan kegiatan apa saja yang nantinya dilakukan, kemudian dilanjut dengan pengerjaan pre-test dan kegiatan focus group discussion untuk mengetahui gambaran psychological well-being mencakup enam dimensiteoretis,” jelas Mahasiswa Program Studi Psikologi ULM, Nabila Farah Radhiyyah.

Baca Juga  Manasik Haji Di Pesantren Ramadadn 1444 Hijriyah Lapas Narkotika Karang Intan

 

Lebih lanjut Nabila menambahkan, pada rangkaian kedua nanti akan ada Psikolog yang hadir langsung pada agenda psikoedukasi. Rangkaian ketiga ada konseling kelompok dan rangkaian terakhir ada bermain dan post-test.

 

“Goal kita Warga Binaan paham makna diri mereka sendiri, sehingga mereka bisa menerima bahwa mereka harus menjalani rehabilitasi dan berada jauh dari keluarga. Mereka mampu berkomunikasi dengan efektif, bisa otonomi, mengutarakan pendapat dan mampu menjadi problem solver atas permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan,” tambahnya.

 

Mewakili Kepala Lapas Narkotika Karang Intan Wahyu Susetyo, Kepala Seksi Bimbingan Narapidana Rahmat Pijati buka kegiatan. Pada kesempatan tersebut dirinya memaparkan program pembinaan yang diselenggarakan Lapas Narkotika Karang Intan dan dampak positif yang diharapkan dari kegiatan PKM yang saat ini dilangsungkan.

Baca Juga  Jaga Kondusifitas, Lapas Narkotika Karang Intan Langsungkan Penggeledahan Hunian

 

“Tentu kami berharap dari kegiatan ini mampu memberikan dampak positif bagi Warga Binaan dan Lapas Narkotika Karang Intan, khususnya dalam pelaksanaan program pembinaan yang diselenggarakan. Saya juga meminta, Warga Binaan yang terlibat pada kegiatan PKM ini agar mengikuti dengan sungguh-sungguh dan serius, dan dibagikan kepada teman-teman yang ada di blok hunian, dan berguna saat bebas nantinya,” pungkasnya.

Komentar