Perumda Paljaya Bukber Dengan Insan Media Upaya Kolaborasi Dan Jalin Silahturami

News63 Dilihat

Jakarta, Markaberita.id

Perumda Paljaya Menjelang tujuh hari terakhir di bulan suci Ramadan 1445 H Perumda Paljaya yang merupakan Perusahaan Umum Daerah Pengelolaan Air Limbah milik Pemprov DKI Jakarta pada Ramadhan kali ini menyelenggarakan kegiatan Ramadan Bersama Media. Dengan tema “Jalin Ukhuwah Islamiyah, Raih Keberkahan di Bulan Ramadan”. Yang dihadiri puluhan wartawan dari berbagai Insan media termasuk Markaberita.id yang berlokasi di Green Café Krukut, Jakarta Pusat, Jumat, 5 April 2024.

kegiatan Bulan Ramadan ini bertujuan dalam rangka menjalin tali silaturahmi dan memperkuat kemitraan antara Perumda Paljaya dan Insan Media.

H. Saptanto selaku Sekretaris Perusahaan Paljaya didampingi Syahril sebagai Humas Perumda Paljaya saat membuka kegiatan Ramadhan bersama Media.

Pada saat sambutanya H. Saptanto dalam pembukaan acara menekankan betapa pentingnya berbuat baik terhadap sesama umat manusia dengan mengutif dalam ( HR Ath -Thabrani ) yakni : “Khoirunnas Anfa’uhum Linnnas” Artinya : Sebaik-baik Manusia adalah yang paling bermanfaat Untuk Orang Lain,” hal ini selaras dengan kinerja Paljaya.

Baca Juga  Lapas Cikarang Bertekad Raih Predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani Tahun 2024

Kemudian dilanjutkan dengan Berbuka Puasa bersama antara pimpinan Paljaya dengan rekan-rekan Insan media sambil ramah tamah dengan mencakup serangkaian acara, termasuk diskusi terkait peran media dalam menyuarakan kebutuhan masyarakat, bagaimana insan media dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran pada masyarakat akan pentingnya praktik sanitasi yang aman dan nyaman demi mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

kegiatan ini merupakan kesempatan yang baik untuk meningkatkan pemahaman tentang isu-isu penting di bidang pengolahan air limbah terkini di DKI Jakarta. Diantaranya:

Perumda Paljaya menjadi satu- satunya instansi pemerintah (BUMD) yang resmi untuk mengolah limbah B3 Medis di Jakarta.Melalui dukungan dari semua pihak terkait, pada bulan Februari 2023 Paljaya sudah mendapatkan izin Pengangkutan Limbah B3.

Baca Juga  Kapolsek Cabangbungin Metro Bekasi AKP Basuni SH Gelar Pesta Rakyat Hari Bhayangkara Ke 78, di Monas

Hingga saat ini, Perumda Paljaya sudah melayani 15 Puskesmas dan 4 RSUD dalam pengolahan limbah B3 Medis. Untuk mendukung percepatan layanan pengolahan limbah B3 Medis, Perumda Paljaya akan membangun tempat pengolahan limbah B3 Medis di DKI Jakarta dan operasionalnyadi targetkan akan terlaksana di tahun 2025, ujar korsek paljaya.

Sementara itu Syahril sebagai Humas Perumda Paljaya menambahkan Sanitasi yang layak dan aman adalah kebutuhan dasar yang krusial bagi kesejahteraan dan kesehatan masyarakat. Namun, di wilayah Jakarta masih banyak yang belum memiliki akses yang memadai terhadap fasilitas sanitasi yang di maksud.

Menurut Syahril Perumda Paljaya telah melakukan analisis dan survei terkait kondisi wilayah-wilayah yang masih banyak mempraktikan Buang air besar sembarangan (BABS). Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial, Perumda paljaya menginisiasi program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bidang sanitasi.

Baca Juga  Silahturahmi dan Buka Bersama Bupati PALI Bersama Insan PERS

Langkah ini sejalan dengan Instruksi Presiden (Inpres) No.1 Tahun 2024 tentang “Percepatan Penyediaan Air Minum dan Layanan Pengelolaan Air Limbah Domestik”. Tandasnya.

adapun Program CSR ini bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap sanitasi yang layak dan aman serta memenuhi standar minimum pelayanan (SPM) Pemerintah. Dengan menerapkan konsep “one stop sanitation”.

Kolaborasi ini juga diharapkan dapat memperkuat sinergi antara sektor publik dan swasta, serta melibatkan pemerintah daerah, masyarakat, dan mitra lainnya untuk menciptakan akses sanitasi yang aman dan layakbagi semua warga Jakarta,” tandas syahril. (Red)..

Komentar