27 Dinas Dukcapil di Jawa Barat Raih Apresiasi: Pelayanan Adminduk Semakin Cepat, Mudah, dan Gratis

 

Markaberita.id

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan apresiasi kepada 27 Dinas Dukcapil kabupaten/kota yang berhasil menunjukkan kinerja di atas rata-rata dalam pelayanan administrasi kependudukan (adminduk). Keberhasilan ini mencerminkan komitmen kuat pemerintah daerah dalam memastikan setiap warga negara mendapatkan haknya untuk layanan sipil secara cepat, mudah, dan gratis.di Hotel Arya Duta jl Sumatra Bandung,pada tanggal (27/8/2024).

Sekda Jabar, Herman Suryatman, menegaskan bahwa layanan adminduk adalah kewajiban negara dan hak warga negara yang harus selalu dijaga dan ditingkatkan. “Layanan ini tidak hanya harus lebih cepat, lebih murah, lebih ringkas, dan lebih baik, tetapi juga harus gratis tanpa terkecuali,” ujar Sekda Jabar Layanan ini, menurutnya, harus tersedia bagi seluruh masyarakat, tanpa perlu diminta terlebih dahulu, sebagai bagian dari pelayanan publik yang progresif.

Baca Juga  Sidang Pemeriksaan Gugatan PJ Kepala Daerah Resmi Dibuka PTUN Jakarta

Sebagai contoh, beberapa kabupaten di Jawa Barat telah menerapkan kebijakan di mana akta kelahiran diberikan secara otomatis kepada setiap warga negara tanpa harus diminta oleh orang tuanya. Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memberikan kemudahan maksimal dalam urusan kependudukan.

“Pelayanan ini bukan hanya tentang efisiensi, tapi juga tentang keadilan sosial. Seluruh layanan adminduk di Jawa Barat hari ini gratis dan kami berkomitmen untuk terus hadir hingga ke pintu rumah warga,” tambah Sekda Jabar

Kadis Disduk Jabar dr Berli Hamdan Gelung Sakti MPPM.
Ke depan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan terus meningkatkan pelayanan ini, termasuk dengan memastikan setiap anak yang lahir mendapatkan Kartu Identitas Anak (KIA), update Kartu Keluarga (KK), dan integrasi dengan layanan BPJS, semuanya secara otomatis tanpa perlu repot bagi warga.

Baca Juga  Uptade Terkini Gempa Garut, Korban Luka 8 Orang & Rumah Rusak 110 Unit 

Dengan komitmen yang kuat ini, diharapkan seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat dapat terus memberikan pelayanan catatan sipil yang terbaik untuk masyarakatnya.

*widia mona*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *