Berlangsung Khidmat Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Mapolres PALI

PALI Sumsel,Markaberita.id–Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Polres PALI menggelar upacara khidmat pada Selasa, 1 Oktober 2024, pukul 08.00 WIB di Lapangan Mapolres PALI.

 

Upacara ini dihadiri oleh jajaran kepolisian dan sejumlah pejabat terkait untuk mengenang kembali peristiwa penting dalam sejarah bangsa.

 

Dipimpin oleh Wakapolres PALI, KOMPOL Dedi Rahmad Hidayat, S.H., yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, upacara ini diikuti dengan penuh semangat oleh seluruh peserta.

 

Turut hadir sebagai pejabat upacara adalah Kasiwas Polres PALI, AKP Nurdin, S.Sos., sebagai Perwira Upacara, serta Kasat Binmas Polres PALI, AKP Romi Falidiya A.R., S.H., yang membacakan naskah UUD 1945.

 

Upacara juga berjalan lancar berkat peran Paur Subbagdalops Bag Ops Polres PALI, IPDA Hartoyo, S.H., sebagai Komandan Upacara, serta Kasi Propam Polres PALI, IPTU Raja Agam Harahap, yang bertanggung jawab sebagai bagian keamanan.

Baca Juga  Antisipasi Paket 3C dan Gangguan Kamtibmas,Tim UKL 1 Polres PALI Gelar KRYD Razia Terpadu

 

Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin S.I.K.,M.H diwakili Wakapolres PALI, KOMPOL Dedi Rahmad Hidayat, S.H menyampaikan Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini bukan hanya sekadar ritual tahunan, melainkan juga sebuah momentum untuk mengenang jasa pahlawan yang gugur dalam peristiwa G30S 1965.

 

” Melalui upacara ini, semangat juang dan pengorbanan para pahlawan kembali dihidupkan, memperkuat komitmen seluruh elemen bangsa untuk mempertahankan dan mengamalkan Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya

 

Upacara ini juga sejalan dengan pelaksanaan serentak di seluruh Indonesia yang mengusung tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas.”

 

“Tema ini menggambarkan optimisme dan harapan besar akan tercapainya visi Indonesia Emas 2045, di mana Pancasila menjadi fondasi kuat bagi kemajuan bangsa di masa depan,” ungkap Kompol Dedi Rahmad

Baca Juga  Sejumlah Perangkat Daerah Gelar Bazar Ramadan 27 - 28 Maret

 

Peringatan ini tidak hanya menjadi ajang refleksi sejarah, tetapi juga sarana memperkuat rasa kebangsaan dan persatuan dalam menjaga stabilitas nasional.

 

Polres PALI melalui upacara ini turut berperan aktif dalam memastikan bahwa nilai-nilai Pancasila tetap menjadi landasan utama dalam kehidupan masyarakat Indonesia.(Hr/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *