Telkom Dukung Upskilling UMKM dan Pegiat Marketing Melalui Talkshow Marketers Talk Vol. 2 bersama IMA Chapter Makassar dan Monev Indonesia

Kolaborasi Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Makassar, Indigo, dan Monev Indonesia, bantu UMKM & pegiat marketing melalui Talkshow Marketers Talk Vol. 2, kupas tuntas cara pengambilan keputusan dalam marketing.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui program Indigo, bersama Indonesia Marketing Association (IMA) Makassar dan Monev Indonesia, berhasil menggelar talkshow Marketers Talk yang ke-2 dengan tema “Decision Making in Marketing”. Acara ini merupakan wadah bagi para pelaku UMKM dan marketing enthusiast, untuk memperdalam pemahaman tentang strategi pengambilan keputusan dalam dunia marketing.

Acara yang digelar di IndigoHub Makassar, menghadirkan akademisi dari Universitas di Makassar, Business & Community Lead Indigo, dan para praktisi startup serta pelaku UMKM. Talkshow ini dibuka oleh Business & Community Lead Indigo, yang memperkenalkan program Indigo serta memaparkan salah satu produk unggulan Leap Telkom Digital yaitu Pijar Mahir, sebuah platform pelatihan yang dirancang untuk membantu UMKM Makassar dalam upskilling pengembangan  kapabilitas dan bisnis untuk memasuki ekosistem digital. 

Baca Juga  Rakernas 2023, Wapres Dorong Wujudkan Pertanian Kuat dan Pengendalian Inflasi Pangan

Dr. Natali Ikawidjaja, MM., sebagai dosen Universitas Ciputra Makassar, Mantan Komisaris Independen Bank SulSelBar, dan anggota senat IMA Makassar dihadirkan sebagai pembicara ahli yang membahas secara mendalam mengenai tahapan pengambilan keputusan, aspek penting, hingga proses dalam pengambilan keputusan marketing. 

“Tujuan dari pemasaran adalah berbuat baik atau menjadi lebih baik, ketika diniatkan untuk berbuat baik, kesalahan bisa diminimalisir, dan bisnis tentu saja akan bertumbuh secara signifikan,” jelas Ikawidjaja dalam pemaparannya.

Acara ini juga menjadi wadah bagi para peserta untuk berbagi pengalaman dan insight seputar tantangan dalam pengambilan keputusan marketing. Selain sesi talkshow, acara ini juga menyediakan sesi studi kasus UMKM yang berhasil melakukan transformasi bisnis melalui keputusan pemasaran yang inovatif, menarik partisipasi aktif dari para peserta.

Dr. A. M. Nur Bau Massepe, MM., sebagai dosen dari Universitas Hasanuddin, VP SME IMA Chapter Makassar, yang juga aktif sebagai peneliti dan konsultan bisnis menyebutkan pentingnya seorang marketer untuk mempunyai kemampuan dalam membuat keputusan yang cepat dan tepat.

Baca Juga  Explore Technological Excellence with Aman Endeavor Scholarship Now

“Sebagai seorang marketer, kemampuan untuk membuat keputusan yang cepat dan tepat adalah kunci untuk tetap relevan di pasar UMKM yang kompetitif. Melalui talkshow ini, kami berharap para peserta terutama UMKM Makassar dapat memperoleh wawasan baru yang dapat membantu menghadapi tantangan dalam pengambilan keputusan di dunia marketing yang semakin kompleks.”

Kesuksesan Marketers Talk Vol. 2 tak lepas dari kolaborasi yang kuat antara IMA Chapter Makassar, Monev Indonesia, dan Program Indigo. Indigo sendiri merupakan program inkubator dan akselerator startup milik PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom), yang didirikan pada tahun 2013. Program Indigo telah menginkubasi dan mengakselerasi lebih dari 200 startup digital di Indonesia, termasuk beberapa startup asal Sulawesi Selatan. Tidak hanya startup, Indigo juga aktif berkolaborasi dengan stakeholder untuk mendorong pertumbuhan bisnis, baik digital (startup) maupun bisnis konvensional (UMKM).

Baca Juga  DOT Token Di Jaringan BSC: Terobosan Baru dari Beli Finance X Cryptowatch!

Patricia Eugene Gaspersz, Senior Manager Program Indigo, menegaskan pentingnya keputusan berbasis data dalam dunia digital saat ini. 

“Di era digital yang terus berkembang, pengambilan keputusan dalam marketing tidak lagi bisa hanya berdasarkan intuisi. Dibutuhkan data, wawasan mendalam, dan keterampilan yang terus diperbarui. Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat membantu para marketer di Makassar untuk tidak hanya memahami, tetapi juga menguasai seni pengambilan keputusan yang efektif dan berdampak.” tutur Patricia.

Indigo (https://indigo.id/) telah berperan sebagai inkubator dan akselerator bagi lebih dari 200 startup digital di Indonesia sejak 2013. Program ini menawarkan dukungan komprehensif mulai dari mentoring, pendanaan, kolaborasi, hingga akses ke jaringan investor, yang semuanya berkontribusi dalam memperkuat inovasi dan semangat di ekosistem startup.

Acara Talkshow Marketers Vol. 2 mendapatkan banyak apresiasi dari para peserta, yang berharap agar acara serupa dapat terus diadakan secara rutin untuk memperkaya wawasan dan memperkuat komunitas marketingdi Makassar.